Pages

Wednesday, November 08, 2006

Kalimat Terlarang Saat Bertemu Klien Baru!

Pertemuan dengan klien bisnis baru, seringkali menentukan apakah bisnis Anda akan 'gol' atau tidak. Hati-hati, dalam waktu lima sampai sepuluh menit pertama, kadang kesalahan fatal bisa saja terjadi karena Anda tidak bisa memilih kalimat yang tepat. Nah Anda yang hari ini punya jadwal bertemu dengan klien baru, coba hindari kesalahan ucapan berikut ini:

"Saya tidak tahu"

Jangan sekalipun mengucapkan kalimat ini untuk menjawab pertanyaan klien sehubungan dengan bisnis Anda. Kalau memang Anda tidak tahu, cobalah untuk mencari tahu. Dan jika Anda belum menemukan jawabannya, lebih baik Anda ucapkan, "Itu pertanyaan bagus, saya akan mendiskusikan pertanyaan Anda pada rekan-rekan."


"Anda harus.."

Ucapan "Anda harus menggunakan produk kami..." terkesan memaksa dan tidak etis. Lebih baik gunakan kalimat ini, "Anda membutuhkan produk kami.." atau "Kami bisa membantu masalah Anda dengan produk kami.."


"Kami tidak bisa memenuhi permintaan Anda"

Kalimat tersebut membuat klien Anda mengerutkan kening dan berpikir untuk tidak melanjutkan hubungan bisnis dengan Anda. Lagipula kalimat itu mengesankan Anda pasrah dan tidak berniat memuaskan klien. Lebih baik Anda mengatakan, "Walaupun itu hal yang cukup sulit, tapi kami akan berusaha untuk memenuhi permintaan Anda. Untuk itu akan kami bicarakan lebih lanjut dengan yang lain."


"Tunggu sebentar, saya akan segera kembali"

Jika Anda mengucapkan kalimat ini untuk mencari jawaban atas pertanyaan klien kemudian menghilang, Anda telah bersikap tidak 'fair' pada klien. Lebih baik Anda katakan, "Saya membutuhkan waktu tiga sampai lima menit untuk mencari informasi yang Anda butuhkan. Apakah Anda bersedia menunggu sampai saya mendapatkannya..?"


Kesimpulannya, Anda harus selektif dalam memilih kata-kata dan kalimat yang akan Anda lontarkan pada klien. Salah sedikit saja, klien akan menghilang dan berarti Anda gagal menjaring relasi baru. Anda nggak mau kan mengalaminya...? So, hati-hatilah..!

1 comment:

  1. oke punya bung...ini namanya management SDM
    Tambahin lagi dong artikelnya

    ReplyDelete